Acara 11th Indonesia Antimicrobial Resistance Watch (IARW) Scientific Meeting 2017 dengan topik “Improved Patients Care and Safety through Integrated Expertise between Clinical Microbiologist and Clinical Specialist” yang diadakan pada tanggal 29 Maret-1 April 2017 di Departmen Mikrobiologi FKUI/RSCM, Eijkman Institute for Molecular Biology, dan Hotel Borobudur Jakarta, telah selesai diselenggarakan.

Acara ini diselenggarakan oleh IARW (Indonesia Antimicrobial Resistance Watch (IARW), suatu suborganisasi di bawah PAMKI (Perhimpunan Ahli Mikrobiologi Klinik Indonesia). Ketua Panitia pelaksana kegiatan  11th IARW Scientific Meeting 2017 adalah  Prof. dr. Amin Soebandrio, PhD, SpMK(K), yang  dibantu oleh 22 orang panitia, 1 tenaga sekretariat,  serta 6 orang panitia pengarah.

Tujuan dari penyelenggaraan workshop ini adalah untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan pasien melalui pemberian ekspertis secara terintegrasi  antara spesialis mikrobiologi klinik dan para klinisi.

Pelaksanaan Kegiatan

Hari pertama (29 Maret 2017):

Dilaksanakan 3 workshop, yaitu Wet WS A (Microbiological Laboratory Techniques: Culture, Identification, and   Antimicrobial Susceptibility Testing) di ruang kuliah dan LMK Departemen Mikrobiologi FKUI/RSCM, Wet WS B (Identification and Sensitivity Test of Streptococcus pneumoniae and  Haemophilus  influenza) dan  Wet WS E (Basic Course of Infection Prevention and Control (IPC/PPI) yang keduanya diadakan di Eijkman Institute for Molecular Biology Jakarta.

Hari kedua (30 Maret 2017):

Dilaksanakan 5 workshop, yaitu Wet WS A (lanjutan), Wet WS C (Microscopic  Examination Techniques in Microbiology Laboratory (Gram, Albert, LPCB) di ruang praktikum mahasiswa Departemen Mikrobiologi FKUI/RSCM, dan Wet WS D (WHONET for Beginner) di ruang seminar Departemen Mikrobiologi FKUI/RSCM. Di Eijkman dilanjutkan Wet WS B dan Wet WS E.

Hari ketiga (31 Maret 2017):

Dilaksanakan 4 Workshop: 1. Dry WS 1 (WHONET for Advance)

  1. Dry WS 2 (MDRO)
  2. Dry WS 3 (Fungal)
  3. Dry WS 4 (TB)

Semua Dry Workshop pada hari ketiga dilaksanakan di hotel Borobudur Jakarta,  dari pukul  08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Hari keempat (1 April 2017):

Dilaksanakan 4 Workshop: 1. Dry WS 5 (HAI)

  1. Dry WS 6 (Sepsis)
  2. Dry WS 7 (Antimicrobial Stewardship & UTI)
  3. Dry WS 8 (Meningitis, Encephalitis, CMV)

Semua workshop pada hari keempat dilaksanakan di hotel Borobudur Jakarta,  dari pukul
08.00 hingga pukul 17.00 WIB.